SIM DIGITAL, SEGERA DILUNCURKAN?

SIM Digital

Era Digitalisasi sudah berlangsung, hampir semua sektor sudah dalam proses Digitalisasi. Proses Digitalisasi sangat penting, selain mempermudah proses ini juga cara mencegah praktek Korupsi. Saat ini untuk memproses segala sesuatu sudah melalui Aplikasi, termasuk proses pembuatan surat-surat di Kepolisian.

Contohnya SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang saat mendaftarnya melalui Aplikasi POLRI PRESISI. Dan jika kita memiliki akun di aplikasi tersebut, kita langsung bisa melihat data Surat Ijin Mengemudi milik kita sendiri. Hal ini menunjukkan, bahwa Aplikasi tersebut memberikan informasi Valid tentang SIM yang kita miliki.

Saat ini memang tampilannya tidak seperti bentuk SIM Fisik, namun hal itu sangat mudah, Polri bisa membuat Format Template SIM dengan detil sesungguhnya. Dan jika terealisasi, maka SIM Digital akan berlaku utuh. Hal ini tentu sangat mempermudah pengendara, karena dompet atau surat-surat bisa tertinggal, namun Ponsel sangat jarang tidak dibawa.

Selain mempermudah, proses SIM Digital juga bisa mengurangi proses pembuatan yang tidak wajar dan juga bisa mengurangi tindak Korupsi dalam pembuatannya. Bagaimana, setuju tidak SIM Digital berlaku?

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.